Wednesday, June 03, 2009

Pelatihan Menulis Ilmiah & Ilmiah Populer

Untuk Mahasiswa, Dosen/Guru, Peneliti, Jurnalis, Instansi Pemerintah/Swasta dan Umum


Untuk memfasilitasi kemampuan menulis di kalangan akademisi dan para peminat profesi kepenulisan ilmiah, kami akan menyelenggarakan pelatihan menulis ilmiah dan ilmiah populer yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan keilmuan & riset. Pelatihan ini terbuka untuk mahasiswa (D-1 hingga D-3, S1, S2, S3 yang sedang menyusun makalah, skripsi, tesis, disertasi, jurnal, dll.), dosen, instansi pemerintahan/swasta, peneliti, jurnalis/wartawan, penulis, dan masyarakat umum. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi ajang diskusi membahas kesulitan-kesulitan yang dihadapi saat meyusun tulisan ilmiah.

Pola pelatihan ini akan dibagi ke dalam 7 kali pertemuan berupa pengarahan dari pemateri yang ahli di bidang menulis dan produktif menulis beberapa buku. Materi pelatihan ini juga telah disusun oleh satu tim dari komunitas Forum Studi Kebudayan Fakultas Seni Rupa & Desain, ITB yang selama ini aktif menggelar diskusi dan wacana pengetahuan. Dalam pertemuan itu juga akan disediakan sesi tanya jawab dan ulasan materi. Selain itu, kami akan membagikan satu buah buku yang berkaitan dengan dunia tulis menulis kepada para peserta. Buku tersebut akan menjadi bahan diskusi pada pertemuan terakhir pelatihan ini.

Semoga dengan adanya pelatihan ini, penyebaran ilmu dan penyerapan ilmu, serta pengembangan penelitian dapat berdaya guna untuk kemajuan pendidikan kita maupun siapa saja yang berkepentingan di bidang ini.

Tujuan
- Memperingati Hari Literatur Internasional yang jatuh tanggal 8 September 2009
- Mengetahui teknik dasar menulis skripsi, tesis, disertasi dan tulisan
ilmiah/populer untuk jurnal, media massa, buletin, dll.,
- Mampu mengolah ide & sumber referensi,
- Mampu Menafsirkan berbagai asumsi dasar dan implikasi tersirat dari teori-
teori yang digunakan sehingga bisa menjadi menjadi lebih eksplisit dan
diterapkan lebih luas,
- Mampu mengetahui perangkat-perangkat berpikir secara metafor,
visualisasi, fantasi, eksplorasi, cara membuat bagan dan tabel,
- Mengetahui komunitas/ individu sebagai sarana untuk mendiskusikan ide-
ide dan mendapatkan umpan balik.

Waktu & Tempat
Hari/Tanggal : Setiap Rabu/ 1 Juli-26 Agustus 2009 (8xpertemuan)
Pukul : 15.30 – 18.00 wib
Tempat : Perpustakaan Balepustaka, Auditorium Lt.3
Gedung Keuskupan Bandung, Jln. Jawa No. 6, Bandung
Acara
Pembuka “Pengetahuan” oleh Prof. Dr. Bambang Sugiharto
1. Materi 1: Manajemen Informasi oleh Dr. Yasraf Amir Piliang, M.A (Rabu, 1 Juli 2009)
2. Materi 2: Manajemen Ide dan Kreativitas oleh Dr. Acep Iwan Saidi, M.Sn. (Rabu, 15 Juli 2009)
3. Materi 3: Manajemen Bahasa oleh Kurniasih, S.S. (Rabu, 22 Juli 2009)
4. Materi 4: Imajinasi oleh Alfathri Adlin, S.Sn. (Rabu, 29 Juli 2009)
5. Materi 5: Menafsir Teori oleh Dr. Yasraf Amir Piliang, M.A. (Rabu, 5 Agustus 2009)
6. Materi 6: Sharing Ide-Ide, Dr. Acep Iwan Saidi, M.Sn. (Rabu, 12 Agustus 2009)
7. Materi 7: Bangun Teori, Prof. Dr. Bambang Sugiharto (Rabu, 19 Agustus 2009)
Penutup oleh Tim FSK berupa bedah buku Taruhan Mewujudkan Tulisan, (George Plimpton, ed.).

Sasaran Peserta
Mahasiswa S1, S2, S3, D1-D3, Dosen/Guru, Peneliti, Jurnalis/wartawan, Instansi pemerintah/swasta,
Penulis, Umum
Kami menargetkan sekira 50 peserta akan mengikuti kegiatan ini.

Biaya Pendaftaran
Umum: Paket 8 Materi Rp 300.000,- (buku, snack, makalah, gratis anggota Balepustaka, sertifikat), Fasilitas ruangan ber-AC, audiovisual lengkap, nyaman. Non-paket Rp 50.000,-/materi (snack dan makalah).
Anggota Balepustaka: Paket 8 Materi Rp 275.000,- (buku, snack, makalah, gratis, sertifikat), on-Paket Rp 35.000,-/materi (snack dan makalah).
JUMLAH PESERTA TERBATAS!
Pendaftaran paling lambat tanggal 24 Juni 2009.
Tempat Pendaftaran:
Perpustakaan Balepustaka
Jln. Jawa No. 6, Lt. 2 Gedung Keuskupan, Bandung
Telp./Fax.: 022-4207232 - 4207231 (jam kerja)
Email: balepustaka_bdg@yahoo.com
Mobile/SMS: 022-76 17 20 97 (jam kerja)

Penyelenggara
Balepustaka & Forum Studi Kebudayaan FSRD-ITB

Mitra Pelaksana & Pendukung
Dipan Senja-Literary Agent. Didukung oleh Penerbit Jalasutra, LawangBuku Distributor, dan L.A.B design

Media Partner
Radio PR 107,5 FM



LAMPIRAN

A. Alamat Sekretariat:
Perpustakaan Balepustaka
Jln. Jawa No. 6, Lt. 2 Gedung Keuskupan, Bandung
Telp./Fax.: 022-4207232 - 4207231 (jam kerja)
Email: balepustaka_bdg@yahoo.com
Mobile: 022-76 17 20 97 (jam kerja)

B. Profil Pembicara & FSK FSRD ITB

Prof. Dr. Bambang Sugiharto, Guru Besar Filsafat Universitas Parahyangan, budayawan dan kritikus seni dan sastra, penulis sejumlah buku, antara lain, Postmodernisme: Tantangan bagi Filsafat, juga Dimensi Baru Etika dan Agama, dan mengeditori antologi Humanisme dan Humaniora: Relevansinya Bagi Pendidikan.
Dr. Acep Iwan Saidi, M.Sn, Ketua Forum Studi Kebudayaan ITB, pengajar program pasca sarjana di FSRD ITB, budayawan dan sastrawan, banyak menulis esai sastra dan bahasa di berbagai media massa, penulis sejumlah buku, antara lain, Narasi Simbolik dalam Seni Rupa Indonesia Kontemporer, Mengapa Saya bukan Aku: Antologi Esai Bahasa, dan Matinya Dunia Sastra.
Dr. Yasraf Amir Piliang, M.A., mantan Ketua Forum Studi Kebudayaan ITB, Pengajar program pasca sarjana di FSRD ITB, budayawan dan pakar semiotika, banyak menulis kajian sosial, budaya dan politik di berbagai media massa, menulis buku antara lain Dunia yang Dilipat: Tamasya Melampaui Batas-batas Kebudayaan, Dunia yang Berlari: Mencari Tuhan-tuhan Digital, Hipersemiotika: Tafsir Cultural Studies atas Matinya Makna, Posrealitas: Realitas Kebudayaan dalam Era Posmetafisika, Transpolitika: Dinamika Politik di Era Virtualitas, dan sebagainya.
Kurniasih, S.S., anggota Forum Studi Kebudayaan, pengajar sastra Inggris di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, penulis cerpen, kritik sastra dan isu-isu perempuan di berbagai media masa, dan menulis kumpulan cerpen berjudul Kembang Kertas.
Alfathri Adlin, S.Sn, anggota Forum Studi Kebudayaan, editor nonfiksi Jalasutra, menulis isu spiritualitas, literasi dan budaya di beberapa media massa, dan mengeditori buku antologi esai dari FSK ITB.

C. Tentang Bale Pustaka

Balepustaka adalah sebuah perpustakaan yang secara khusus diperuntukan bagi komisi dan bagi masyarakat Jawa Barat pada umumnya.
Ide terbentuknya Balepustaka dicetuskan pertama kali bersamaan dengan pembangunan Gedung Pastoral yang berfungsi sebagai pusat kegiatan bagi komisi– komisi dengan tujuan mengefektifkan komunikasi antar komisi sehingga karya pelayanan yang mereka lakukan bisa lebih maksimal.
Dari ide tersebut muncullah sebuah perpustakaan dengan nama Balepustaka, yang secara resmi dibuka pada 1 Maret 2002 bersamaan dengan peresmian Gedung Pastoral Jl. Jawa no 6 Bandung, Balepustaka terletak di lt.II di bagian depan sebelah kanan berseberangan dengan pintu masuk terdapat papan nama dengan ejaan “Balepustaka” hingga saat ini.
Balepustaka memiliki visi menjadi Pusat Informasi Keuskupan Bandung, yang merupakan bagian dari Jawa Barat, dan memiliki misi sebagai jendela informasi Keuskupan Bandung, yang merupakan bagian dari Jawa Barat.
Dengan ruangan yang ber-AC pengunjung diharapkan menikmati tempat yang nyaman dan sebagai salah satu tempat favorit untuk menambah wawasan. Sebagai upaya untuk menciptakan kenyamanan Anda dalam memanfaatkan perpustakaan kami, dilengkapi pula dengan beberapa fasilitas seperti internet, ruang audiovisual, fotokopi, dan ruang pertemuan.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home